Kamis, 30 Juni 2011

Virus??gak Takuttttt..

Kerusakan / gangguan pada Komputer bukan cuma karena hardware nya aja, tetapi ada 1 faktor penyebabnya, Yaitu VIRUS ato SPYWARE. Virus ato Spyware sendiri adalah gangguan yang dibuat oleh pihak eksternal, biasanya ujuannya, mencuri data, merusak hardware / software, menghapus file, menghilangkan fungsi2 tools tertentu, dan kebanyakan virus pasti berdampak buruk kepada komputer yang di jangkiti. Mungkin gwe akan coba berbagi dalam menangkal ato mensiasati serangan Virus ini.




1. Ati2 sama attachment email.


Jangan buka file attachment pada email yang kawan2 terima walopun dari orang yang kawan2 kenal kalo attachment tersebut mengandung file program dengan extension atau akhiran .exe, .pif, .bat, dsb. Baca dan teliti email yang dikirim, gaya e-mail sama gak kayak yang biasa dikirim. Kadang2 email yang kawan2 terima berasal dari orang sunda, tapi pake bahasa inggris, rusia, cina, dll pada emailnya.


2. Pasang / Install Sopware Keamanan Yang Terbaru.
Pastiin komputer kawan2 terinstall software keamanan utama dan terpasang dengan settingan otomatis mengamankan komputer kawan2 tanpa harus dinyalakan lebih dahulu. Mereka adalah anti virus untuk menangkal virus, anti spyware untuk menangkal spyware, dan firewall untuk menangkal dan memblokir serangan hacker dan koneksi dari luar.


3. Jangan asal nginstall Sopware.


Ati2 terhadap software yang kawan2 install baik yang dibeli darii cd bajakan di toko cd, download di internet, dari temen, dan lain ebagainya. Virus ato spyware bisa aja nyempil pada program yang kawan2 pasang tanpa kawan2 sadari. Biasain untuk backup semua file penting secara berkala di flash drive, cd ato dvd , jadi kalo ada kerusakan fatal gak terlalu parah akibatnya. Btul kgk? ^_^


4. Awasi User / Orang Lain Yang Memakai Komputer Kawan2.


Kalo komputer kawan2 dipake oleh orang lain, pastiin dia gak melakukan hal-hal yang dapat merugikan komputer. Kawan2 membuat account khusus untuk tamu / guest dengan batasan-batasan tertentu yang bisa disetting sendiri. Seseorang yang mungkin tidak diduga bisa aja menginstall program, mencolokkan usb ato memasukkan disket yang ada virus atau spyware nya. Bahkan bisa juga memasang dengan sengaja software mata-mata untuk ngerekam segala aktifitas kawan2 dan password yang biasa di gunakan.


5. Waspada.


Jika kawan2 merasa bahwa ada sesuatu yang gak beres pada komputer, segera putuskan dan cabut sambungan ke koneksi internet ataupun jaringan network lan. Terus jalanin anti virus, anti spyware dan cek firewall apa udah berjalan dengan baik. Apabila mendapatkan pertanyaan untuk menginstall software dari situs yang gak jelas, tolak mentah-mentah. Ikuti perkembangan update patch pada setiap software yang terpasang dan mendapatkan access internet pada program firewall kawan2.


kayaknya itu aja deh tips2 nya, mungkin dari kawan2 ada yang mo nambahin? ^_^


-=AriefQu RizqiQu=-

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More