Kamis, 30 Juni 2011

Cyberdrive On Gmail.com

Mungkin flashdrive sudah banyak yang punya. Sekarang ini sedang boomingnya harddisk maya! yaitu sebuah fasilitas yang dibuat oleh sebuah pengembang yang menyediakan space khusus bagi para acount pelanggannya untuk menitipkan file-file penting. Contohnya; Rapidshare.com, Megaupload.com, 4shared.com, ziddu.com. Selain gratis pada saat pendaftarannya ada kelemahan dari cyberdrive ini,



yaitu jika pelanggan menggunakan acount gratis, biasanya dalam waktu 99 hari sejak file-file dititipkan, jika tidak di download, maka akan di hapus, fasilitas ini akan di disable jika nantinya kita menggunakan acount premium dalam arti kata kita diharuskan membayar sejumlah uang untuk jangka waktu tertentu. Lalu bagaimana kita dapat membackup data ke internet tanpa khawatir dapat terhapus dalam waktu 99 hari, jawabnya yang murah adalah menggunakan acount Gmail.com anda!!!

Anda punya e-mail? pastinya sebagian besar jawabnya punya. Tapi, Punya e-mail di Gmail.com? kemungkinan jawabnya ya ada. Tahukah berapa besar space yang diberikan oleh pihak Gmail.com untuk setiap acount yang ada buat di sana? jawabannya adalah lebih dari 2Gb! Sebuah space yang sangat besar hanya untuk sebuah e-mail bukan? dan hebatnya lagi space ini akan terus bertambah setiap harinya... WOW....


Baik, tanpa panjang lebar, saya akan memberikan caranya!


1. Buatlah acount di Gmail.... (http://www.google.com), kalau sudah punya ga usah buat lagi, tinggal di cek apakah e-mailnya masih valid.


2. Untuk menciptakan sebuah cyberdrive anda memerlukan sebuah Mozilla Firefox (dapat di download di http://www.mozilla.com), selain itu kita tidak dapat menggunakannya.


3. Download sebuah add-ons dengan nama Gspace (http://www.getgspace.com) tunggu hingga add-ons anda terpasang. Restart browser firefox anda.


4. Klik Tools > Gspace maka sebuah halaman akan terbuka Klik tombol "Manage Acount" maka sebuah pop-up akan terbuka, masukkan acount dan password anda klilk kotak "remember password" kemudian klik tombol "SAVE".


perlu diingat, langkah ke-4 hanya diaplikasikan untuk komputer pribadi, jangan pernah diaplikasikan untuk komputer yang anda sewa di warnet, karena dikhawatirkan akan dimanfaatkan oleh oknum2 yang tidak berkepentingan.


Jika semua langkah di atas sudah dilakukan maka Gspace siap digunakan semudah menggunakan Windows Explorer.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More