Kamis, 30 Juni 2011

Hidup Harus Optimis - Falsafah Air

air2Beberapa waktu yang lalu hidup saya dirundum kemelut yang mendera. Seakan sudah habis segala daya upaya, namun suatu hari ketika hendak melepaskan kejenuhan dijalan, tiba-tiba hujan turun dengan deras, terpaksa saya harus berteduh untuk memkai mantel hujan. Namun tak berapa lama, saya tertegun pada air yang menetes dari hujan tersebut. Subhanallah, sedih terasa, karena betapa setetes air telah menampar hati saya. Betapa tidak, air hujan yang

turun telah mengajari, bahwa semua ini belum selesai, air hujan yang jatuh tersebut mengenang dimana-mana, menempati semua ceruk dan tempat-tempat yang mereka singgahi, sungguh pelajaran yang berharga, bahwa dimanapun kita berada, masalah apapun yang dihadapi kita harus mampu untuk beradaptasi menghadapinya, namun masih tetap menjadi diri sendiri, seperti air, ketika didalam gelas, ia menyerupai gelas, dipindahkan ke mangkok dia berubah menyerupai mangkok, kemanapun dia dipindah terus menyerupai tempat tersebut, namun dia tidak berubah, tetap menjadi air, bahkan sebilah es yang baru dikeluarkan walaupun memakan waktu yang cukup lama untuk menyerupai tempat barunya tetap dia akan menjadi.



Ada sebuah kutipan menarik yang saya dapat dari sebuah artikel di Internet mengenai air, simaklah:



Secara kimia air memiliki rumus H2O (HHO = Hidup Harus Optimis). Bahasan di luar kimia, air bisa berarti zat yang cair. Seperti air kelapa, air laut, air keras, air raksa. Tentu berbeda pada airmail, airforces, airways (”Dul, Dul…kamu tidak cocok hidup di air, tapi kamu cocoknya jadi guru“)



Subhanallah… air memiliki strutur tetrahedron, dengan hibridisasi sp3 yang berarti 4 bidang sama sisi yang masing-masing bidangnya berupa segitiga sama sisi. Jika kita mempunyai 4 buah segitiga sama sisi lalu kita gabungkan menjadi satu, maka terbentuklah bangun yang bernama tetrahedron. Bangun ini berasal dari 2 pasang elektron ikatan dan dua pasang elektron bebas hasil proses hibridisasi.



Bangun tetrahedron kalau dilihat sekilas berbentuk piramida segitiga, namun bukan sembarang segitiga, melainkan segitiga sama sisi dengan empat pilar yang jaraknya juga sama. Setiap kita meletakkan bangun tetra hedron pada bidang datar, puncaknya selalu mengahadap ke atas… laa ilaha ilallah.



Empat pilar utama dan empat bidang sama sisi yang menyusun bangun tetrahedron saya tamsilkan dengan 4 sifat utama Rasulullah yaitu sidiq, amanah, tabliq, fatonah. Hidup Harus Optimis. Kita harus selalu berupaya memiliki sifat-sifat terpuji sebagaimana yang dimiliki Rosulullah. Yaa Nabi Salam’alaika.
air-hid1 air1
gambar dari wikipedia
Alhamdulillah….karena ikatan hidrogen antarmolekul air, air dapat berfungsi sebagaimana air yang kita nikmati. Ikatan hidogen ini adalah ikatan antarmolekul air, sehingga air tak tercerai berai. Air dapat berwujud cair pada suhu kamar. Air harus berikatan dengan air lainnya agar bisa menjadi air yang berwujud cair. Begitu pula manusia, harus berinteraksi dengan manusia lainnya agar bisa menjadi manusia. Manusia yang tidak berinteraksi dengan manusia lainnya tak ubahnya seperti patung bernyawa. Alhamdulillah, selalu ada rasa syukur setiap kita mengetahui sesuatu. Untuk itu kita harus banyak tahu agar selalu bersyukur. Karena dengan bersyukur, nikmat akan selalu bertambah.



Allahu akbar… air menempati ruang sesuai wadahnya. Dituang di gelas, bentuk air menyesuaikan gelas. Dituang dilantai, airpun datar. Kemampuan adaptasi air sungguh luar biasa. Adaptasi air terhadap suhu disekilingnya dilakukan dengan perubahan wujud, padat; cair dan gas. Perubahan wujud yang dilakukan tidak mengubah massa air itu sendiri.
Pada tubuh manusia ternyata kandungan air sangat dominan (80%). Dengan demikian kalau kita tidak bisa adatasi dan tidak berguna bagi orang lain, celakalah kita



Akhirnya filosofi air dalam kehidupan yang dapat kita ambil adalah:
1. Memiliki 4 pilar utama yang saling simetri,
2. Berinteraksi dengan sesama,
3. Dapat menyesuaikan diri di segala tempat
4. Berguna bagi orang lain.
Semoga tulisan ini berguna bagi yang lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More