Kamis, 30 Juni 2011

Pengkabelan UTP

Hey...brooo?? Ketemu lg ma gw, kali ini gw mau ngebahas tentang pengkabelan UTP mungkin salah satu dari kita belum ada yang tahu.....??? Dan yang sudah tahu enggak ada salahnya untuk mengulang kembali. Seperti yang kita ketahui pengkabelan sangat penting dari sebuah jaringan computer, computer tidak akan terkoneksi dengan baik tanpa didukung dengan pengkabelan yang benar......??




a. Tipe Straight


Tipe ini adalah yang paling mudah dibuat. Karena langsung korespondensinya 1-1. Standar urutannya adalah (dilihat dari lubang konektor, dari kiri ke kanan) : 2 oranye - 1putih hijau - 2 biru - 1 hijau - 2 coklat . 2 oranye disini maksudnya pasangan oranye muda dan oranye tua dan seterusnya.


Waktu akan memasang kabel, potonglah ujung kabelnya, kemudian susun kabelnya lalu diratakan dengan pisau potong yang ada pada crimp tool. Perhatikan agar penekannya (pressing) yang kencang agar pin tersebut mengenai lapisan isolasi kabel. Setelah itu kita menggunakan LAN Tester dengan cara memasukkan ujung ujung kabel ke dalam lubang yang ada pada LAN Tester tersebut. Seperti pada gambar berikut ini :




b. Tipe Cross


Untuk tipe cross itu digunakan untuk menyambungkan langsung antar dua PC ( peer to peer ) atau yang umumnya digunakan untuk menyambungkan antar hub. (misalnya karena colokan di hubnya kurang). Tidak jauh berbeda dengan tipe straight menggunakan 4 pin, yaitu pin 1, 2, 3 dan 6. Yang berbeda adalah cara pemasangannya. Tipe cross, pada konektor "A" (RJ45) pin 1 disambungkan dengan pin 3, pin 2 dengan pin 6, pada konektor "B" pin 3 dengan pin 1 dan pin 6 dengan pin 2.


Setelah itu kita akan tes dengan LAN Tester, led 1, 2, 3 dan 6 akan saling bertukar. Kalau tipe straight menyala secara urutan, sedangkan tipe cross akan menyala secara bersilang,sesuai dengan urutannya. Seperti pada gambar berikut ini :


cross-1 copy



Mungkin ini dulu yang bisa gw bagi untuk kalian, dan mudah-mudahan dapat berguna untuk kita semua...... Choirkoko....

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More