Kamis, 30 Juni 2011

Supaya Windows Berjalan Optimal

komputer Kita mungkin sering ngeluh Windows jalannya lelet alias lemod, loading lama, shutdown lama. Banyak juga yang nyaranin pake software khusus yang gunanya agar windows XP berjalan lebih cepat dan optimal. Software tersebut mungkin bagus, tapi biasanya gak gratis dan membutuhkan spesifikasi komputer yang tinggi. Dengan tips ini kita gak perlu nginstall software tambahan apapun untuk mengoptimalkan kinerja windows XP kawan2.



1. Gunakan file system NTFS
Jika kawan2 baru menginstall windows xp, gunakan file system NTFS. File sistem NTFS lebih cepat diakses dan scandisknya juga cepat. Jangan gunakan FAT, kecuali ingin agar bisa mengakses harddisk tersebut di windows 98 yang tanpa software tambahan. Windows 98 bisa mengakses file NTFS dengan software tambahan: ntfs-reader ato NTFS98.

2. Pilih startup yang perlu
Bagian ini harus selalu dicek oleh kawan2 skalian, karena kalo berisi virus / spyware / mallware, komputer dijamin jadi lambat. Untuk membuka startup ini, klik START > RUN, ketik msconfig, buka tab startup.

Di sini bakal terlihat semua program yang dijalankan pada saat startup. Kawan2 bisa mengecek satu persatu file tersebut dihardware, terletak di folder apa. Jika sempat, klik kanan file tersebut, dilihat properties-nya, terus dilihat versi dan siapa pembuatnya. Jika dari Microsoft atau sumber lain yang Anda percaya berarti aman. Jika ada program yang tidak perlu, hilangkan cek pada baris yang mau di-non-aktifin.

3. Matiin services yang gak perlu
Masih dalam window msconfig, buka tab services. Ini adalah service yang otomatis dijalankan windows pada saat startup. Ada beberapa service yang gak perlu dan sebaiknya dimatiin, yaitu:
Automatic Live Update Scheduler. Service ini kalo kawan2 gak pengen otomatis update windows, ato emang komputernya gak terhubung ke Internet sama sekali.
Error Reporting Service. Kalo kawan2 pernah melihat window yang isinya “error occured ….” trus ada pilihan send ato don’t send. Itu fungsi dari service ini. Kita biasanya memilih don’t send, jadi service ini mendingan dimatiin.
Live Update, sama kyk Automatic Live Update Scheduler.
Automatic Updates, sama kyk Automatic Live Update Scheduler.
Remote Desktop Help Manager. Dipake untuk ngebantu kawan2 jika mengalami kesulitan atau error di windows, kita bisa meminta teman untuk mengakses komputer kita dari jarak jauh (Internet). Jika kawan2 gak pernah memakainya, service ini sebaiknya dimatiin.
Remote Registry. Untuk mengakses registry (file setting windows) dari jarak jauh. Sebaiknya dimatikan.
Uninterruptible Power Supply (UPS). Ini hanya digunakan jika komputer kawan2 menggunakan UPS, Btw pada tau kgk UPS? ^_^ yaitu alat yang gunanya untuk nyimpen energi listrik pas listrik padam. Matiin service ini kalo kawan2 gak pake UPS.
Even Log.Windows mencatet smua log tentang apa yang terjadi di windows. Jika kawan2 gak pernah memakai even log (ada di Control Panel > Administratif Tool), sbaiknya service ini dimatiin juga.
Windows Audio. Boleh dimatikan kalo komputer kawan2 gak pake sound card.

4. Minimalkan visual effect
Buka Start Menu > Control Panel > System Properties. Buka tab Advanced. Klik Performance setting. Di tab Visual effectAdjust for Best Performance pilih . Kemudian ceklis di pilihan Use visual styles for windows and buttons biar tampilan windows tetep seperti Windows XP.

5. Seting virtual memori yang optimal
Buka Start Menu -> Control Panel -> System Properties. Buka tab Advanced. Klik di Performance setting. Klik tab Advanced. Pada bagian bawah ada pilihan Virtual Memory, klik pada tulisan Change. Gunakan custom size. Isi dengan :
Minimum : 1024 MB
Maximum : 2048 MB

6. Scan & defragmen yang teratur
Scan (seminggu sekali) dan defragmen (sebulan sekali) harddisk kawan2 secara teratur. Buka windows explorer, klik kanan pada harddisk kawan2, pilih Properties. Buka tab tools. Pilih error checking untuk menjalankan scan disk, dan pilih defragmentation untuk men-defragmen hardisk.

Harapan gwe, moga2 tips di atas berguna buwad kawan2 semuah….


-=AriefQu RizqiQu=-

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More