Kamis, 30 Juni 2011

Merawat harddisk agar tidak cepat rusak


Pada prinsipnya penyebab utama hardisk menjadi rusak ada 2 yakni:



1.Listrik



Jika di tempat anda sering mengalami gangguan listrik seperti tegangan listrik yang suka naik turun apalagi sering mati listrik, 'sangat disarankan' memakai UPS (Uninterruptible Power Supply). Alat ini mempunyai kemampuan untuk membuat cadangan listrik sehingga jika sewaktu-waktu terjadi gangguan listrik (terutama mati listrik) maka komputer tidak langsung mati tapi ada jeda waktu. Dalam kondisi mati listrik, sebuah UPS biasanya dapat memberikan daya listrik ke komputer sekitar 15 menit. Waktu segitu bisa memberikan kesempatan ke kita untuk dapat mematikan komputer secara normal (melalui shutdown atau hibernate)



2.Panas dari hardisk itu sendiri



Hardisk bisa mengalami overheating atau panas yang berlebihan. Ini diakibatkan karena elemen / mesin dari hardisk itu sendiri. Disarankan memakai Cooler atau kipas pendingin hardisk. Harganya cukup murah (sekitar 10 - 15 rb). Akan lebih baik lagi jika dikasih Cooler / kipas tambahan pada casing sehingga perputaran udara didalam casing menjadi lebih teratur. Casing adalah kotak tempat menyimpan perangkat komputer seperti hardisk, motherboard, CD-ROM dsb.



Sebagai tambahan, jika hendak membeli komputer bekas, 'khusus' untuk hardisk lebih baik beli yang baru. Faktor usia juga bisa menjadi penyebab hardisk sering mengalami masalah (biasanya hardisk dapat berjalan optimal tanpa masalah dalam kurun waktu 5 tahun).





0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More