Kamis, 30 Juni 2011

Pengenalan Java

Java suatu bahasa pemograman dari SUN Microsystem yang populer dan sangat berkembang saat ini, walaupun di negara asal namanya itu kurang populer (Jawa, Indonesia), tetapi perlahan tapi pasti java akan semakin terus berkembang lebih pesat lagi dimasa yang akan datang. Java menjadi bahasa pemrograman yang diminati oleh banyak orang karna beberapa keunggulannya dari bahasa lainnya, salah satunya yaitu portabilitasnya.

Itu dikarenakan java dapat berjalan di berbagai macam platfrom sepeti Windows, Linux, Unix, Mac tanpa harus seorang programer merubah isi dari kode-kode yang telah di buatnya itu agar programnya dapat dijalankan di berbagai macam platform. Oleh sebab java juga dikenal dengan istilah, Write Once run everywhere. Tulis sekali code program lalu dapat kita jalankan diberbagai macam Opersi system.





Didalam sebagian bahasa pemrograman, barisan kode program yang kita buat haruslah dikompilasi (compile) agar dapat dijalankan dikomputer. Di java hasil dari compile kode program bukanlah berekstensi file .EXE, akan tetapi berupa bytecode (Berekstensi .class). Bytecode dapat dikatan sebagai sekumpulan perintah-perintah.



selanjutnya bytecode ini lah yang akan di jalankan di komputer dengan memakai JVM (Java Virtual Machine). Program yang kita buat dengan bahasa java tidak mungkin dapat dijalankan didalam komputer yang tidak memiliki JVM. Ini berarti hasil compile kode program java yang telah di compile menjadi sebuah bytecode dapat dijalankan diberbagai macam platform asalkan sudah memiliki JVM.





Sun Microsystem membedakan java menjadi beberapa bagian menurut categorynya :





Java 2 Enterprise Editon (J2EE)



J2EE ini dipakai untuk membuat suatu software yang besifat Enterprise atau skala besar (biasanya digunakan diserver). Dan pastinya lebih kompleks diantara yang tye java yang lain. Biasanya seperti pemograman berbasis website.





Java 2 Standard Edition (J2SE)



Biasanya digunakan untuk membangun program yang bersifat dekstop. Dan ini yang nantinya akan kita pelajari bersama-sama.





Java 2 Micro Edition (J2ME)



Seperti yang sering kita pakai di handphone-handphone



0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More