Kamis, 30 Juni 2011

Penting Namun Sering Terlupakan

Jika timbul pertanyaan " komponen apa saja yang di ganti agar komputer anda handal dan stabil..?" pasti yang timbul di benak kita adalah... processor, Vga, Memory, Mainboard..!



namun semua itu tidak dapat digunakan apabila yang satu ini tidak ada... apakah itu...?




Yaitu LISTRIK...!



Di sini saya akan sedikit berbagi tentang sejauh mana pengaruh kualitas listrik terhadap suatu alat yang menggunakan listrik, khususnya komputer. jika anda pernah mengalami komputer anda sering restart saat booting dan semua cara sudah dilakukan namun masih tetap restart.. tidak ada salahnya anda cek kualitas listrik dirumah anda dengan mengecek tegangannya.. apabila di bawah 200 volt berarti listrik dirumah berkualitas buruk.. standar listrik di indonesia adalah 220 Volt namun di jepang 110 Volt untuk 1 phase, fasa-Neutral.. setiap power supply yang terdapat pada komputer setiap merk mempunyai kualitas yang berbeda... dari hasil pengamatan saya rata-rata pengguna PC jarang sekali memperhatikan kualitas power supply...Asupan Listrik yang kurang dari 220 Volt (untuk di Indonesia) akan membuat kerja power supply semakin berat karena harus mengejar "Watt" yang dibtuhkan oleh semua komponen di dalam PC, sementara tegangan yang dibutuhkan oleh Power Supply sangatlah kurang... pada saat Booting biasanya PC membutuhkan arus listrik yang besar karena semua komponen mulai bekerja secara optimal... nah disitulah letak masalah nya, pada saat komponen membutuhkan arus yang besar dan power supply menjadi crash.. tidak dapat mengangkat beban mengakibatkan komputer menjadi restart... saya sangat menganjurkan agar PC anda menggunakan Stavolt atau stabilizer yang servo motor atau ferro resonance karena tegangan outputnya lebih bisa diandalkan.



Rumus mencari daya (Watt) :



Daya : W (Watt)



Arus: A (Ampere)



Tegangan: Volt (V)



W = V . A



contoh : diketahui: tegangan dirumah anda 220 Volt arus yang di butuhkan monitor anda 0.5 A. berapakah daya (Watt) yang dibutuhkan untuk menjalankan monitor anda..?



jawab: V = 220 Volt



A = 0.5 A



W = V . A



W = 220 . 0.5 = 110 Watt





Artikel di atas merupakan dari pengalaman pribadi saya.



0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More